Inilah Sebab Terjadinya Perang Dunia I (Satu)



Sebab Terjadinya Perang Dunia I
Sebab Terjadinya Perang Dunia I - Sebagaimana yang kami kutip dari berbagai sumber, Perang Dunia I melanda dunia pada tahun 1914-1918. Perang hebat ini pada mulanya hanya terjadi di kawasan Benua Eropa, kemudian menjalar ke negara-negara di kawasan Benua Amerika dan Asia, seperti Kanada, Australia, Selandia Baru, Amerika Serikat, Cina, dan Jepang. 

Itulah sebabnya, perang ini disebut Perang Dunia I. Namun secara umum pengertian Perang Dunia adalah perang yang melibatkan banyak negara di dunia. Meskipun tidak semua negara di Dunia terlibat dalam peperangan ini.

Perang Dunia I merupakan perang terbesar dan terdahsyat yang terjadi pada abad ke-20. Perang Dunia I dilatarbelakangi oleh pertentangan antar negara dalam perluasan daerah jajahan. Selain itu latar belakang terjadinya Perang Dunia I dapat dibedakan menjadi sebab umum dan sebab khusus.

Sebab Khusus Perang Dunia I

Terjadinya persaingan antar negara di Eropa
Adanya Politik Aliekutuan
Terjadinya Perlombaan Senjata, akibat revolusi Industri

Sebab Umum Perang Dunia I

        Pada tanggal 28 Juni 1914,Putra Mahkota Austria yang bernama Frans Ferdinand beserta istrinya terbunuh dalam suatu latihan perang di Bosnia (SaraJevo). Pembunuhnya adalah Gavrilo Princip, Seorang Serbia. Kemudian pada tanggal 28 Juni 1914, Austria menyatakan perang kepada Serbia. 

        Tidak lama kemudian pecah peperangan di Balkan dan meluas ke seluruh Eropa. Negara-Negara yang terlibat adalah negara-negara Imperialisme dan tanah jajahan. Perang di Eropa meletus menjadi perang dunia. Semua sebab-sebab itulah yang menimbulkan Perang Dunia I, baik sebab umum maupun sebab khusus.
 
Demikianlah penjelasan singkat mengenai Sebab Terjadinya Perang Dunia I, meskipun penjelasan ini cukup singkat, setidaknya anda lebih mudah paham dan mengetahui gambaran perang dunia secara umum. (Sumber : catatan perkuliahan)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel