Wisata Sejarah Museum Purbakala Sangiran Sragen

Museum Purbakala Sangiran Sragen
Museum Purbakala Sangiran SragenBerkunjung ke museum memang terlihat kurang menarik, apalagi museum yang di kunjungi adalah museum purbakala yang lebih terkesan menghadirkan hal-hal kuno yang tak mengandung arti modern sedikitpun terutama bagi kalangan generasi millenial. Meskipun terlihat kuno jika kita mempelajari dan meneliti segala sesuatu yang terdapat pada museum purbakala tentu sangat mengesankan dan sangat menantang.

Meskipun terlihat kuno namun tidak bagi anak-anak, sebab bagi anak-anak museum purbakala adalah museum yang unik. Oleh sebab itu museum purbakala sangat cocok dijadikan tempat wisata edukasi bersama keluarga maupun para pelajar dan mahasiswa. Bagaimanapun purbakala adalah bagian dari sejarah panjang peradaban Indonesia oleh karenanya kita wajib mengetahui sejarahnya.

Umumnya setiap negara memiliki museum purbakala masing-masing, termasuk di Indonesia. Ada beberapa museum purbakala di Indonesia salah satunya adalah Museum Purbakala Sangiran Sragen Jawa Tengah yang memiliki koleksi fosil terlengkap di seluruh Indonesia. Museum ini terletak di sebuah desa Krikilan kecamatan Kalijambe. Dengan mengunjungi museum ini anda dapat mengetahui gambaran manusia pada masa lampau.

Sebagai mana data yang didapat, museum ini memiliki luas bangunan dan halaman sekitar 59 Km persegi, dimana luasnya meliputi tiga kecamatan di Kabupaten Sragen. Museum ini juga dikembangkan sebagai pusat perkembangan berbagai ilmu pengetahuan untuk penelitian pada bidang Antropologi, Biologi, Paleoantropologi, Geologi dan Ilmu Pariwisata. Sejumlah museum juga mengadopsi tata kelola museum Purbakala Sangiran.

Kemudian yang lebih membanggakan dari museum ini adalah sudah di nobatkan menjadi warisan dunia dengan nomor 593 oleh komite World Heritage pada saat peringatan 20 tahun di Merida, Meksiko. Museum ini memiliki fasilitas bangunan ala Joglo, memiliki ruang pameran, aula, laboratorium, perpustakaan ruang audio visual, gedung penyimpanan, Mushola, toilet, area parkir yang luas, dan toko sauvenir.

Baca Juga:
Hanya dengan membeli tiket sebesar Rp 5.000 untuk wisatawan domestik dan Rp 11.500 untuk wisatawan asing, maka anda sudah bisa masuk untuk belajar banyak mengenai isi museum Purbakala Sangiran Sragen. Semoga anda diberi kesempatan untuk mengunjungi museum ini di waktu yang akan datang.

0 Response to "Wisata Sejarah Museum Purbakala Sangiran Sragen"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel