Selain Belanja, Coba Kunjungi Tempat Bersejarah Di Kawasan Malioboro Yogyakarta

Malioboro Yogyakarta
Bagi kalian yang sedang berlibur atau sedang melakukan kunjungan kerja dan kunjungan lainnya, pasti anda sangat tertarik untuk mengunjungi pasar legendaris Malioboro Yogyakarta. Pasar ini menjadi magnet tersendiri sehingga siapapun yang sedang berlibur atau berkunjung ke Yogyakarta pasti akan mengunjungi pasar ini. Ada kalimat sentimen mengatakan jika belum ke pasar Malioboro berarti belum ke Yogyakarta.

Mungkin salah satu kalimat sinis itulah yang membuat sebagian orang yang sedang berada di Yogyakarta mengunjungi pasar ini. Baik itu untuk belanja oleh-oleh maupun hanya sekedar melihat atau menikmati suasana pasar tradisional yang kini sudah satu lokasi dengan pasar modern. Kendati demikian pasar tradisional masih tetap diminati ketimbang pasar modern seperti mall yang lokasinya berderet.

Jika ditelusuri akar sejarahnya, penamaan pasar Malioboro berasal dari nama seorang anggota militer Inggris yang dulu pernah menduduki wilayah Jogja pada tahun 1811  hingga 1816. Ia bernama Marlborough. Kemudian pemerintah Hindia Belanda membangun Malioboro di pusat kota Yogyakarta pada abad ke-19 sebagai pusat pemerintahan dan pusat perekonomian.

Selain mengunjungi Malioboro Yogyakarta, sebaiknya anda juga bisa mengunjungi tempat-tempat bersejarah yang jaraknya tidak jauh dari kawasan Malioboro. Dengan begitu anda akan banyak referensi dan akan mendapatkan banyak pengetahuan dari Kota gudeg tersebut.

Lokasi pertama yang wajib anda kunjungi adalah Benteng Vredeburg, benteng ini dijadikan museum yang sangat legendaris, hanya membayar tiket Rp 2.000 anda bisa masuk ke kawasan museum yang luas ini.

Lokasi yang kedua, anda juga bisa mengunjungi Istana keresidenan yang didirikan pada tahun 1832 M, lokasinya berada di depan Benteng Vredeburg. Kini istana tersebut dijadikan sebagai Istana Presiden Gedung Agung.

Kemudian yang terakhir anda bisa berkunjung ke Pasar Beringiharjo, serta Hotel Garuda, semula tempat ini dijadikan tempat menginap dan berkumpulnya para elit kolonial untuk menyusun akal licik menguasai Indonesia. Jika anda malas berjalan kaki Anda bisa menggunakan delman atau becak untuk dapat mengunjungi tiga spot tersebut.

Baca Juga:
Demikian yang dapat dibahas mengenai lokasi wisata sejarah di kawasan Malioboro Yogyakarta, semoga dapat menambah wawasan pengetahuan anda untuk dijadikan referensi awal sebelum berkunjung ke tempat tersebut.

0 Response to "Selain Belanja, Coba Kunjungi Tempat Bersejarah Di Kawasan Malioboro Yogyakarta"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel