Pesona Wisata Sejarah Candi Prambanan Yogyakarta

Pesona Wisata Sejarah Candi Prambanan Yogyakarta
Jika di Magelang Jawa Tengah ada Candi Borobudur yang merupakan Candi Budha terbesar di dunia, maka di Sleman Yogyakarta ada Candi Prambanan yang merupakan candi Hindu terbesar di kawasan Asia Tenggara. Konon candi ini didirikan oleh Wangsa Sanjaya yang merupakan pecahan dari kerajaan Mataram Kuno pada tahun 850 M. Candi ini juga disebut sebagai Candi Roro Jonggrang.

Sebutan Candi Roro Jonggrang sangat berkaitan erat dengan sebuah legenda Jawa yang menceritakan seorang pangeran yang bernama Bandung Bondowoso jatuh cinta pada seorang putri yang bernama Rara Jonggrang. Karena Putri tersebut tidak bisa menolak cinta Bandung Bondowoso, maka sang putri mengajukan syarat untuk membangun arca sejumlah 1000 arca kepada pria yang mencintainya tersebut dalam waktu semalam.

Namun karena syarat tersebut hampir bisa dipenuhi karena Bandung Bondowoso menggunakan bantuan jin, kemudian Roro Jonggrang meminta bantuan warga sekitar untuk menumbuk padi agar memancing Ayam jago atau ayam jantan berkokok, adanya ayam berkokok membuat para jin kabur karena mereka mengira waktu akan segera terbit fajar. 

Ketika jin tersebut pergi bangunan candi  sudah hampir selesai. Dari 1000 arca yang diminta pada akhirnya ia hanya menyelesaikan 999 arca. Karena tahu Roro Jonggrang yang melakukan muslihat tersebut akhirnya Bandung Bondowoso mengutuknya menjadi arca yang ke 1000.

Bukan hanya Candi Borobudur, Candi Prambanan juga sudah ditetapkan menjadi bangunan cagar budaya dunia oleh UNESCO pada tahu 1991. Karena sudah dijadikan cagar budaya siapa pun tidak boleh merusak bangunan ini, karena ada kekuatan hukum yang mengikat bangunan ini. Barang siapa merusak bangunan candi ini akan dikenakan sanksi sesuai hukum yang berlaku.

Guna memanjakan para wisatawan untuk mempelajari bangunan candi tersebut, disediakan pula museum yang terletak pada komplek Prambanan. Setiap bulan purnama selalu ada pertunjukan pementasan Sendratari Ramayana, hal ini tentunya menjadi daya tarik bagi wisatawan agar lebih antusias dalam mengunjungi Prambanan.

Baca Juga :
Untuk harga tiket sendiri lebih murah dari harga tiket candi Borobudur, hanya dengan Rp 8.000 untuk wisatawan lokal dan hanya sebesar US$ 10 atau sekitar Rp 140.000 untuk wisatawan asing. Maka anda bisa leluasa masuk ke kawasan komplek Candi Prambanan. Untuk fasilitas akses transport dan yang lainnya sudah sangat lengkap dan baik.

0 Response to "Pesona Wisata Sejarah Candi Prambanan Yogyakarta"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel