Inilah Orang Yang Memberi Nama Indonesia

Inilah Orang Yang Memberi Nama Indonesia

Orang Yang Memberi Nama Indonesia – Banyak masyarakat di Dunia termasuk orang Indonesia sendiri bangga dan cinta terhadap negara Indonesia. Namun sedikit yang tahu dari mana nama Indonesia itu berasal atau siapa yang memberi nama Indonesia. Kata “Indonesia” berasal dari bahasa latin yang berarti Indus atau India. Dan disambung dengan bahasa Yunani nesos yang berarti pulau. Jadi kata Indonesia dapat diartikan wilayah India dengan kepulauan terbanyak.

Nama Indonesia ada jauh sebelum Indonesia merdeka. Pada tahun 1850, seorang etnolog inggris yaitu George Earl mengusulkan nama Indunesia dan Melayunesia untuk penduduk yang berada di kepulauan India dan kepulauan Melayu. Kemudian murid George yaitu James Richardson Logan menggunakan kata Indonesia sebagai sinonim dari kepulauan India.  Kana tetapi penulisan akademik di Belanda oleh media Hindia Belanda tidak menggunakan kata tersebut.

Media Hindia belanda menggunakan istilah kepulauan Melayu atau Maleische Archipel untuk menyebut Indonesia. Sebut lain dari indonesia pada saat itu ada juga Hindia Timur Belanda (Nederlandsch Oost Indië), Hindia (Indië); Timur (de Oost); serta Insulinde. Istilah penamaan tersebut diperkenalkan tahun 1860 pada sebuah Novel karya Max Havelaar pada tahun 1959, yang ditulis oleh Multatuli, novel tersebut berisi lebih kepada kritik terhadap kolonialisme Belanda.

Kemudian pada tahun 1900, penyebutan nama Indonesia lebih umum dan populer pada tulisan akademik di luar Belanda. Bahkan golongan nasionalis indonesia menggunakan kata indonesia sebagai alat ekspresi politik. Bukan hanya itu penulis Jerman yaitu Adlof bastian dari Universitas Berlin mempopulerkan nama Indonesia melalui buku Indonesien oder Inseln des Malayischen Archipels (1884-1894).

Seolah ingin mempatenkan nama Indonesia, pelajar Indonesia yang mengenyam pendidikan di Belanda yaitu Suwardi Suryaningrat (Ki Hajar Dewantara), juga ikut ambil bagian untuk mempatenkan nama Indonesia, dengan mendirikan kantor berita di Belanda dengan nama Indonesisch Pers-bureau pada tahun 1913.

Indonesia Atau Nusantara?

Selain ada orang yang memberi nama Indonesia, Indonesia juga dikenal dengan sebutan pulau Nusantara, kata Nusantara berasal dari bahasa Jawa Kuno yaitu nusa yang berarti pulau dan antara yang berarti hubungan. Jadi nusantara dapat diartikan sebagai rangkauan pulau-pulau yang berhubungan.

Ada juga versi yang menyebut jika nama Nusantara pertama kali digaungkan pada era kerajaan Majapahit yang kala itu mampu menguasai atau menaklukan wilayah Indonesia atau Asia Tenggara. Namun bangsa Indonesia lebih suka menyebut indonesia ketimbang nusantara, meskipun pada faktanya ada juga yang menyebut nama nusantara. Selain Ki Hajar Dewantara yang menggunakan nama Indonesia dengan kantor beritanya, Nama Indonesia juga digunakan untuk sebuah organisasi pelajar Indonesia yang belajar di Belanda. Organisasi tersebut bernama Perhimpunan Indonesia pada tahun 1908.

Semula organisasi tersebut bernama Indische Vereeniging. Kemudian karena alasan politik nama tersebut di ganti dengan nama Indonesische Vereeniging atau perhimpunan Indonesia pada tahun 1922. Selanjutnya pada kongres pemuda II di Jakarta pada 28 Oktober 1928. Kongres tersebut menghasilkan sumpah pemuda yang mengakui kedaulatan Indonesia.

Baca Juga:

Demikian artikel yang mengupas mengenai Orang Yang Memberi Nama Indonesia, dengan membaca artikel ini semogga dapat menambah wawasan pengetahuan anda. semoga bermanfaat bagi kita. Jangan sekali-kali melupakan sejarah. (sumber SS)

0 Response to "Inilah Orang Yang Memberi Nama Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel