Sejarah Pembentukan BPUPKI Secara Lengkap

Sejarah Pembentukan BPUPKI

Sejarah Pembentukan BPUPKI Tanpa adanya BPUPKI atau Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia, tentu kita tidak akan tahu apakah hingga saat ini Indonesia sudah merdeka atau justru masih terjajah.

Oleh karenanya sangat penting sekali bagi kita untuk mengetahui sejarah pembentukan BPUPKI. Jangan sampai kita menjadi generasi yang melupakan sejarah yang dulu sempat dikhawatirkan oleh Presiden Pertama Indonesia Ir. Sukarno.
Kemerdekaan Indonesia tidak bisa dapat dilepaskan dari usaha dan kerja keras BPUPKI. Usaha Bangsa Indonesia untuk menjadi Negara yang berdiri sendiri atau Merdeka telah dijanjikan Oleh perdana Menteri Koiso dan apa yang telah dipersiapkan oleh BPUPKI tidaklah sia-sia.
Hal ini dapat dibuktikan dengan di panggilnya tokoh-tokoh Indonesia yang saat itu memang sudah terkenal yakni seperti Ir. Sukarno, Moh Hatta, dan Radjiman Widedyodiningrat ke Dalat, Saigon(Vietnam) Pada tanggal 9 Agustus 1945. Tentu kedatangan ini berdasarkan undangan panglima Angkatan Perang Jepang di Asia Tenggara yakni Marsekal Terauchi.
Pada tanggal tanggal 1 Maret 1945,pemerintah pendudukan Jepang di bawah pimpinan Letnan Jenderal Kumachi Harada mengumumkan pembentukan BPUPKI atau Dokuritsu Junbiy Coosakai.
Tugas Utama dari BPUPKI adalah untuk mempelajari dan menyelidiki hal-hal penting yang berkaitan dengan berbagai hal yang menyangkut Pembentukan Negara Indonesia yang merdeka.
BPUPKI Sendiri resmi di bentuk pada tanggal 29 April 1945 yang mana bertepatan dengan ulang tahun Kaisar jepang. Dan Dr. KRT. Radjiman Wedyodiningrat ditunjuk sebagai ketua didampingi dua orang ketua muda yaitu R.P. Suroso dan Icihibangase. Selain menjadi ketua muda, R.P Suroso juga diangkat menjadi kepala kantor tata usaha BPUPKI dibantu Toyohiko Masuda dan Mr. A.G. Pringgodigdo.
Selama BPUPKI terbentuk setidaknya sudah mengadakan sidang dua kali, Yang pertama di adakan tanggal 29 Mei sampai 1 Juni 1945 dan sidang yang kedua diadakan pada tanggal 10 sampai 1 Juli 1945.
Rumusan sidang pertama membahas mengenai Rancangan dasar Negara. Tiga tokoh yang menyampaikan pandangannya adalah Ir. Soekarno, Muh. Yamin,dan Dr. Soepomo. Sedangkan pada sidang ke dua dibahas tentang rancangan undang-undang dasar 1945.
Baca Juga:
Sekian yang dapat seputarsejarah.com bahas dalam pembahasan kali ini mengenai Sejarah PembentukanBPUPKI, semiga dapat menambah khazanah atau wawasan pengetahuan anda. (dikutip dari berbagai sumber)

0 Response to "Sejarah Pembentukan BPUPKI Secara Lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel