Sejarah Hak Asasi Manusia HAM Di Dunia Lengkap

Sejarah Hak Asasi Manusia HAM Di Dunia
Sejarah Hak Asasi Manusia HAM Di Dunia - Hak Asasi Manusia yang lebih dikenal dengan akronim HAM merupakan hak yang mutlak dimiliki oleh setiap manusia di muka bumi ini sejak ia masih di dalam kandungan ibunya sampai ia meninggal.
Hak asasi ini meliputi hak-hak dasar kebutuhan manusia normal pada umumnya. Misalkan saja hak untuk hidup, hak memeluk agama dan menjalankan ibadah sesuai kepercayaannya, hak untuk memperoleh pendidikan serta hak-hak dasar lain yang dibutuhkan oleh manusia.
Mengapa Hak Asasi Manusia (HAM) ini dibahas secara khusus ? karena di masa lalu, orang yang berpangkat tinggi cenderung menginjak-injak harga diri orang yang lebih miskin. Bahkan tak jarang perbudakan dilakukan tanpa mempertimbangkan hak-hak dasar yang melekat pada setiap individu. Sehingga terjadi penyiksaan berlebihan terhadap rakyat jelata yang dilakukan oleh para raja dan saudagar kaya.

Sejarah HAM di Dunia

Konsep HAM bukan hanya ada di Indonesia saja, melainkan di seluruh dunia. Hal ini karena pada hakikatnya konsep HAM berasal dari dunia Barat. Sejarah perkembangan HAM ditandai dengan tiga peristiwa penting berikut ini. Berikut sejarah HAM diDunia.
1. Magna Charta
Magna Charta (1215) merupakan piagam kesepakatan antara para bangsawan dengan Raja John di Inggris. Kesepakatan ini menyatakan bahwa raja memberi jaminan beberapa hak untuk para bangsawan dan keturunannya. Hak tersebut di antaranya adalah hak untuk tidak dipenjara tanpa proses pemeriksaan pengadilan. Hak tersebut menjadi bagian dari sistem konstitusional Inggris sejak saat itu.

2. Revolusi Amerika
Revolusi Amerika merupakan peristiwa perjuangan rakyat Amerika Serikat dalam melawan Inggris sebagai penjajah kala itu. Hasil dari peristiwa ini adalah Declaration of Independence dan Amerika Serikat merdeka pada 4 Juli 1776.

3. Revolusi Perancis
Revolusi Prancis (1789) merupakan peristiwa pemberontakan rakyat Perancis terhadap rajanya sendiri karena dianggap telah bertindak absolut dan sewenang-wenang. Peristiwa ini menghasilkan Pernyataan Hak-hak Manusia dan Warga Negara yang memuat tentang hak kebebasan, kesamaan, dan persaudaraan.
HAM mencakup berbagai bidang dalam kehidupan manusia dan bukan hanya milik negara-negara Barat. HAM bersifat universal dan telah diakui secara internasional. Selain tiga peristiwa di atas, ada beberapa peristiwa lainnya yang menandai perkembangan HAM.

Baca Juga:

Demikianlah ulasan mengenai Sejarah Hak Asasi Manusia HAM Di Dunia, semoga dapat menambah wawasan pengetahua anda.

0 Response to "Sejarah Hak Asasi Manusia HAM Di Dunia Lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel