Sejarah Hari Buruh Dunia (May Day)


Sejarah Hari Buruh Dunia

Sejarah Hari Buruh DuniaBanyak orang yang menikmati  1 Mei sebagai hari libur nasional, akan tetapi banyak yang tidak tau ada apa dibalik  sejarah tersebut.  Libur nasional 1 Mei berawal dari sejarah hari buruh internasional, dimana hari buruh internasional berawal dari “tragedi” yang terjadi di Chicago, Amerika Serikat.

Hari itu pantas disebut sebagai tragedi karena pada saat yang bersamaan, ada buruh yang menjadi korban atas aksi demonstrasi ketika mereka turun ke jalanan. Adanya aksi demonstasi tersebut tidak lain dan tidak bukan sebagai akibat kurangnya kesejahteraan nasib kaum buruh di Amerika.


Aksi buruh tersebut berawal ketika para buruh turun ke lapangan Haymarket pada tanggal 4 Mei 1986. Tujuannya aksi tersebut sebagai upaya untuk menghapus  sistem atau peraturan mengenai 8 jam kerja dalam sehari.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, berdasarkan pertimbangan yang matang  bahwa 24 jam kehidupan manusia terbagi menjadi 3, yakni 8 jam istirahat, 8 jam rekreasi, dan 8 jam kerja. Selain itu, kemuakan para buruh atas kaum borjuis yang semena-mena terhadap kaum buruh juga sudah mencapai puncaknya.

Sebelum tanggal 4 Mei, aksi mogok buruh pertama kali diluncurkan pada tanggal 1 Mei 1986. Pada waktu itu, sebanyak 350.000 buruh dari seluruh negara bagian Amerika melakukan aksi mogok kerja. Aksi ini diorganisir oleh Federasi Buruh Amerika Serikat. Hari demi hari, aksi kian menjadi.

Partisipan buruh semakin banyak sehingga menyebabkan pemerintah khawatir. Untuk menertibkan kericuhan buruh tersebut, pemerintah menurunkan sejumlah aparat polisi. Terjunnya aparat polisi justru malah membawa petaka dengan meninggalnya empat buruh yang melakukan aksi demonstrasi tersebut.

Tidak terima akan hal ini, buruh pun kembali melancarkan aksinya pada tanggal 4 Mei 1986 dalam jumlah yang lebih besar. Terjadi ledakan di antara barisan polisi yang menewaskan satu orang dan beberapa lainnya luka-luka.

Sebagai bentuk perlawanan, polisi menembaki kerumunan buruh hingga menewaskan delapan orang. Untuk mengenang peristiwa ini, International Working Men’s Associaton menetapkan tanggal 1 Mei sebagai Hari Buruh Sedunia. Kemudian hingga kini banyak buruh di Dunia termasuk di Indonesia melakukan aksi demonstrasi pada tanggal 1 Mei.

Demikianlah ulasan artikel mengenai Sejarah Hari Buruh Dunia, (Dikutip dari berbagai sumber)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel