Sejarah Runtuhnya Kerajaan Kutai

Sejarah Runtuhnya Kerajaan Kutai


Sejarah Runtuhnya Kerajaan Kutai - Kerajaan Kutai yang diperkirakan muncul pada abad ke-IV dimana hal tersebut ditenggarai karena ditemukannya Yupa peninggalan Kerajaan Kutai. Kerajaan Kutai juga dapat disebut sebagai masa berakhirnya masa pra sejarah dengan penemuan Yupa tersebut. 
 
Selain itu, Kerajaan Kutai juga penganut agama Hindu pertama di Indonesia, sebab pada masa pra sejarah orang masih menganut paham animisme dan dinamisme. Kerajaan Kutai diperkirakan terletak di daerah Muarakaman di tepi Sungai Mahakam, Kalimantan Timur.

Namun sanyangnya Kerajaan Kutai hanya mampu bertahan 9 Abad atau 900 tahun, waktu yang cukup lama tapi bisa juga disebut singkat mengingat Kerajaan kutai merupakan pembawa kebudayaan baru salah satunya yaitu budaya mengenal tulisan yang hingga kini dapat kita manfaatkan bersama.

Runtuhnya Kerajaan Kutai

Didalam sejarah disebutkan bahwa Kerajaan Kutai runtuh saat raja Kerajaan Kutai terakhir yang bernama Maharaja Dharma Setia tewas di tangan Raja Kutai Kartanegara ke-13, Aji Pangeran Anum Panji Mendapa. Kerajaan Kutai Kartanegara selanjutnya menjadi Kerajaan Islam yang bernama Kesultanan Kutai Kartanegara. 

Kerajaan Kutai berakhir pada saat Raja Kutai yang bernama Maharaja Dharma Setia tewas dalam peperangan di tangan Raja Kutai Kartanegara ke-13, Aji Pangeran Anum Panji Mendapa. Perlu diingat bahwa Kutai ini (Kutai Martadipura) berbeda dengan Kerajaan Kutai Kartanegara yang saat itu ibukota di Kutai Lama (Tanjung Kute).

Kutai Kartanegara inilah, di tahun 1365, yang disebutkan dalam sastra Jawa Negarakertagama. Kutai Kartanegara selanjutnya menjadi kerajaan Islam. Sejak tahun 1735 kerajaan Kutai Kartanegara yang semula rajanya bergelar Pangeran berubah menjadi bergelar Sultan (Sultan Aji Muhammad Idris) dan hingga sekarang disebut Kesultanan Kutai Kartanegara.


Baca Juga:
Demikian yang dapat kami informasikan kepada anda mengenai Sejarah Runtuhnya Kerajaan Kutai, semoga artikel ini bisa menambah wawasan pengetahuan anda tentang sejarah, khususnya sejarah kerajaan Kutai. Dengan begitu anda dapat mengamalkan apa yang sudah anda ketahui ke banyak orang.

0 Response to "Sejarah Runtuhnya Kerajaan Kutai"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel