Sejarah Hari Buruh Di Indonesia

Sejarah Hari Buruh Di Indonesia

Sejarah Hari Buruh Di Indonesia. Jauh sebelum Indonesia merdeka pada tahun 1945. Peringatan Hari Buruh telah diperingati di Indonesia tepatnya dimulai pada tahun 1920. Namun sejak pemerintahan Orde baru berkuasa gerakan hari buruh cenderung sepi dipermukaan bahkan hari Buruh tidak lagi diperingati di Indonesia.
Hal tersebut disebabkan karena gerakan buruh pada saat itu selalui dikatkan atau  dihubungkan dengan gerakan dan paham komunis. Sebab ketika itu partai komunis di Indonesia baru saja dibubarkan karena dianggap pemberontak dan tidak sejalan dengan pemerintahan Indonesia yang menjunjung tinggi Pancasila.

Read More : Sejarah  Hari Buruh Dunia

Semasa Orde Baru, aksi untuk memperingati May Day masuk kategori aktivitas subversif, karena May Day saat itu dikonotasikan dengan ideologi komunis. Banyak yang menilai konotasi tersebut tepat, sebab banyak negara di dunia yang memiliki paham non komunis bahkan anti komusi telah menetapkan tanggal 1 Mei sebagai hari Buruh dan menjadikan hari tersebut sebagai hari libur nasional.
Sejarah baru mengenai hari buruh di Indonesia memiliki babak baru setelah era Orde Baru jatuh, meskipun 1 Mei bukan hari libur, namun setiap tanggal tersebut kembali marak dirayakan oleh buruh di Indonesia dengan mengadakan demonstrasi di berbagai kota, untuk menuntut perlindungan hukum dan hak-hak buruh untuk mencapai kesejahteraan.
Ketakutan bahwa gerakan massa buruh yang dimobilisasi setiap tanggal 1 Mei akan menghasilkan kerusuhan, ternyata tidak pernah terbukti. Sejak peringatan Hari buruh tahun 1999 tidak pernah ada tindakan destruktif yang dilakukan oleh massa buruh yang masuk kategori mengganggu atau bahkan membehayakan ketertiban umum.
Justru sebaliknya tindakan represif datang dan bermula dari aparat keamanan (Polisi / Satpol PP) terhadap kaum buruh, karena mereka masih memegang paradigma lama yang memandang peringatan Hari Buruh adalah subversif dan disokong gerakan komunis.
Kemudian pada Tahun 2013 di masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono hari buruh Internasional disatukan dengan hari buruh nasional dan ditetapkan 1 Mei sebagai hari libur nasional. Meskipun baru bisa terealisasi pada tahun 2014.

Demikianlah ulasan artikel mengenai Sejarah Hari Buruh Di Indonesia, (Dikutip dari berbagai sumber)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel