Sejarah Awal Mula Masuknya Internet Di Indonesia



Sejarah Awal Mula Masuknya Internet Di Indonesia. Banyak orang di Indonesia merasa asyik saat menggunakan layanan internet, bahkan tak jarang mereka lupa waktu saking asyiknya berselancar dengan internet. Akan tetapi banyak yang tidak tahu, kapan dan bagaimana internet bisa masuk ke Indonesia dan dapat dinikmati masyarakat Indonesia. Berikut ulasananya, jangan lupa budayakan baca sampai selesai
Inspirasi tulisan-tulisan awal Internet Indonesia datang dari kegiatan di amatir radio khususnya di Amateur Radio Cluc (ARC) ITB pada tahun 1986.
Bermodalkan pesawat Transceiver HF SSB Kenwood TS430 milik Harya Sudirapratna (YC1HCE) dengan komputer merek Apple II punya Onno W. Purbo (YC1DAV) sekitar belasan anak muda ITB seperti Harya Sudirapratama (YC1HCE),  J. Tjandra Pramudito (YB3NR), Suryono Adisoemarta (N5SNN) bersama Onno W. Purbo, berguru pada para senior radio amatir seperti Robby Soebiakto (YB1BG), Achmad Zaini (YB1HR), Yos (YB2SV), di band 40m.
Robby Soebiakto merupakan pakar di antara para amatir radio di Indonesia khususnya untuk komunikasi data paket radio yang kemudian didorong ke arah TCP/IP, teknologi paket radio TCP/IP yang kemudian diadopsi oleh rekan-rekan BPPT, LAPAN, UI, dan 1TB yang kemudian menjadi tumpuan PaguyubanNet di tahun 1992-1994.
Robby Soebiakto menjadi koordinator IP pertama dari AMPR-net (Amatir Packet Radio Network) yang di Internet dikenal dengan domain AMPR.ORG dan IP 44.132. Sejak tahun 2000, AMPR-net Indonesia di koordinir oleh Onno W. Purbo (YCOMLC).
Koordinasi dan aktivitasnya mengharuskan seseorang untuk menjadi anggota ORARI dan di koordinasi melalui mailing list ORARI, seperti, orari-news@yahoogroups.com.
Di tahun 1986-1987 yang merupakan awal perkembangan jaringan paket radio di Indonesia, Robby Soebiakto merupakan pionir di kalangan pelaku radio amatir Indonesia yang mengaitkan jaringan amatir Bulletin Board System (BBS) yang merupakan jaringan e-mail store and forward yang mengaitkan banyak “server” BBS amatir radio seluruh dunia agar e-mail dapat berjalan dengan lancar.
Begitulah sejarah internet dunia dan di Indonesia. Sebenarnya masih banyak lagi eksperimen-eksperimen atau penelitian berkaitan dengan temuan internet di Indonesia. Kendati demikian dengan artikel ini anda bisa mengetahui secara umum sejarah internet di Indonesia. Semoga tulisan ini sedikit memberikan pengetahuan kepada Anda, terimakasih.

Sumber ; dikutip dari berbagai sumber

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel