Peristiwa Sejarah Dunia Pada 8 April

Seputarsejarah.com - Peristiwa Sejarah Dunia Pada 8 April. Sejarah adalah akumulsi rentetan peristiwa dimasa lalu. Banyak peristiwa besar dimasa lalu yang tentunya sangat penting untuk diketahui saat ini. Khusu pada tanggal 8 April, ada peristiwa sejarah yang penting untuk kita jetahui. Apa saja peristiwa tersebut? Mari kita sinak ulasan berikut.

1. Pesawat Tempur Zionis Menggempur Sebuah Sekolah Dasar.
 8 April tahun 1970, pesawat-pesawat tempur Zionis Israel melakukan serangan membabi-buta dengan sasaran sebuah sekolah dasar bernama Bahrul Baqr, 80 kilometer sebelah utara Kairo, Mesir.
Dalam peristiwa itu, 46 murid sekolah itu tewas. 

Aksi yang sangat tidak berperikemanusiaan itu kontan membangkitkan emosi warga dunia. Sebelumnya, masyarakat internasional juga dikejutkan dengan tindakan biadab lainnya yang digelar Rezim Zionis di kawasan Mesir. 

Bulan Februari tahun itu, pesawat tempur Israel juga menggempur kawasan sipil di timur Kairo. Akibatnya, sebuah pabrik hancur dan 168 pekerja pabrik itu tewas atau terluka.

2. Ayatullah Baqir Sadr Gugur
8 April tahun 1979, Ayatullah Sayyid Muhamad Baqir Shadr beserta adik perempuannya, Bintul Huda, gugur syahid dieksekusi oleh pasukan keamanan Rezim Saddam Husein. 

Baqir Sadr adalah seorang ulama besar dengan kejeniusan yang sangat cemerlang. Sejak usia masih sangat muda, Baqir Sadr telah mencapai derajat ijtihad, sebuah posisi keilmuan sangat tinggi dalam tradisi ilmu-ilmu hauzah. Baqir Sadr juga menyampaikan banyak pandangan ilmiah berupa kritikan atas filsafat materialisme Barat.

Pandangan-pandangan brilian ilmiahnya itu kemudian menjadi semakin bermakna ketika Baqir Sadr memutuskan untuk terjun secara langsung ke dunia politik. Langkah Baqir Sadr ini dengan segera menarik perhatian aktivis politik di Irak. Hal inilah yang membuat Rezim Ba`ats menganggap Baqir Sadr sebagai tokoh yang membahayakan kepentingan mereka. 

Saddam kemudian menangkap Baqir Sadr berikut adik perempuannya. Tindakan Rezim Saddam ini membangkitkan gelombang protes dari banyak kalangan di Irak. Menyadari bahwa Sadr telah menjadi bahaya yang mengancam, Saddam lalu melakukan tindakan pintas dan kejam yaitu dengan membunuh keduanya.

Baqir Sadr juga termasuk pendukung revolusi Islam Iran di bawah pimpinan Imam Khomeini. Berkali-kali Baqir Sadr melakukan korespondensi dengan Imam Khomeini. Melalui surat-suratnya itu, Sadr terus-menerus menunjukkan dukungan dan kesetiannya terhadap gerakan revolusi di Iran. Di antara karya ilmiah Baqir Sadr adalah buku berjudul “Falsafatuna”. “Iqtishaduna”, dan “Durus fi ‘Ilmil Ushul”.

3. Abus-Su’ud Terlahir ke Dunia
17 Shafar tahun 896 hijriah, Muhamad Mushtafa ‘Imadi, atau yang lebih dikenal dengan nama Abus-Su’ud, ulama dan mufassir terkenal muslim terlahir ke dunia di kawasan pedesaan Mudarris, dekat kota Istanbul, Turki. Karena kecemerlangannya di dunia ilmu. 

Setelah menyelesaikan masa studinya, Abus-Su’ud langsung diminta untuk mengajar di sejumlah pusat keilmuan di Turki. Pada saat yang bersamaan, ia juga diangkat sebagai hakim di Istanbul. Abus-Su’ud juga memiliki perhatian yang sangat besar terhadap situasi sosial politik di zamannya. Ia sempat terlibat di pemerintahan Imperium Ottoman. 

Saat itu, ia melakukan banyak pembenahan terhadap hukum negara dan berupaya menjadikan syariat Islam sebagai dasar seluruh hukum negara. Di antara karya tulis Abus-Su’ud adalah kitab berjudul “Irsyadul ‘Aqlis Salim”, “Du’a Nameh”, “Qanun Nameh”, dan “Mafrudhat”.

Sumber : dikutip dari berbagai sumber

0 Response to "Peristiwa Sejarah Dunia Pada 8 April"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel