Pemerintahan Belanda di Indonesa, Sebuah Kelanjutan Warisan VOC

Seputarsejarah.com- Pemerintahan Belanda di Indonesa, Sebuah Kelanjutan Warisan VOC. Pemerintah Hindia Belanda tidak lebih adalah penerus VOC, karena prinsip-prinsip kolonialisme dan imperialisme modern yanh menjadi identitas utamnya telah dipraktikan oleh VOC.

Dua abad sejarah VOC dikepulauan Indonesia sama sekali tidak mengisyaratkan sebagai sejarah dari Partnership atau pertemuan kekuatan yang setara. 
 
Melainkan berisi sebagai episode berdarah dari sebuah upaya penegakan hegemoni kekuasaan baik dalam arti politik maupun ekonomi. Namun sejarah juga membuktikan bahwa bukan hanya VOC yang berperilaku ekspansif di kepulauan Indonesia.

Tidak mengherankan jika ada sejarawan yang tetap percaya bahwa sejarah sebagai sebuah produk merupakan takdir, seperti takdir bahwa VOC dan pemerintah Hindia Belanda sebagai penjajah dan indonesia merupakan sebuah identitas kebangsaan yang sulit dipungkiri secara Historis.

Jika sejarah indonesia dilihat secara keseluruhan, didalam kelompok yang diidentifikasi   sebagai colonized sebenarnya juga terdapat colonizer

Akhirnya satu hal yang perlu dicamkan, sejarah bukan peluru untuk berperang kembali, melainkan petuah untuk kearifaan dan perdamaian dimasa kini yang sangat pendek dan masa depan yang masih panjang. 

Melestarikan dendam sejarah dan melupakan masa lalu sama-sam akan membutakan mata, menutup hati, dan menyianyiakan kecerdasan.

Sumber : Catatan Perkuliahan

0 Response to "Pemerintahan Belanda di Indonesa, Sebuah Kelanjutan Warisan VOC"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel