Mengenal Sejarah Agama Yahudi

Mengenal Sejarah Agama Yahudi

Seputarsejarah.com, Mengenal Sejarah Agama Yahudi - Dalam Islam orang sering mengenal dengan Istilah Agama Samawi atau Agama langit yang terdiri dari Agama Nasrani, Agama Yahudi Dan Agama Islam. Orang seringkali merasa bingung mengenai sejarah Agama Yahudi, sebab Agama Yahudi sering dikaitkan dengan sebutan nama bangsa di Israel.

Berdasakan sumber sejarahnya Yahudi merupakan sebuah nama yang dapat digunakan untuk Agama dan bisa juga digunakan untuk sebutan bangsa Israel. Jadi keduannya sama-sama benar, tidak ada yang salah, kaena umumnya sudah demikian. Sejarah Agama Yahudi juga dapat dilihat pada perjanjian lama. Pada awalnya, Israel hanyalah sebuah kelompok yang terdiri dari suku-suku, lalu kemudian mereka menjadi sebuah kerajaan.

Setelah terbebas dari perbudakan di Mesir, mereka dapat menaklukkan negeri Kan’an. Sejarah Yahudi mencapai puncak keemasannya pada masa Nabi Daud As. dan Nabi Sulaima As, sedangkan masa yang paling menyedihkan dalam sejarahnya masa perbudakan selama di Mesir dan Babilonia (586 SM), serta masa penyerangan Romawi (70M).

Konsep ajaran yang dianut disebut "Yudaisme" karena bersifat ke-bangsa-an dan khusus bagi bangsa Yahudi atau Bani Israil, yaitu ajaran yang berasal dari agama yang diturunkan Allah untuk bani Israil dengan perantaraan utusan-Nya yaitu Nabi Musa As. Kitab sucinya dinamakan Thaurat (wasiat lama) yang aslinya sangat sulit ditemukan sekarang ini.

Asal usul Agama Bangsa Yahudi diperoleh dari Nabi Ibrahim As, yaitu melalui jalur keturunan anaknya Nabi Ishak As. Berdasarkan sumber sejarahnya Agama bangsa Yahudi dipercaya diperoleh dari garis keturunan Nabi Ibrahim As. Kemudian dilanjutkan melalui jalur keturunan anaknya Nabi Ishak As.

Menurut alur Al-Kitab asal usul bangsa Yahudi merupakan keturunan salah satu cabang ras Semitik purba yang berbahasa Ibrani sebagaimana tertulis (Kejadian 10:1, 21-32;1) (Tawarikh 1:17-28, 34;2:1,2).

Sekitar 4000 tahun yang lalu, Nabi Ibrahim As, yang merupakan nenek moyang mereka beremigrasi dari kota besar Ur Kasdim yang sangat makmur di Sumeria ke negeri Kanaan. Darinya garis keturunan orang Yahudi dimulai dengan Ishak puteranya dan Yakub cucunya, yang namanya diubah menjadi Israel (Kejadian 32:27-29).

Agama Yahudi juga  percaya pada keesaan Tuhan secara mutlak (monoteis) serta menganggap Allah turun-tangan dalam sejarah hidup manusia, khususnya berkenaan dengan orang Yahudi.

Baca juga ;


Demikian yang sekiranya dapat kami bagikan kepada anda, semoga artikel yang mengulas mengenai Mengenal Sejarah Agama Yahudi bisa anda pahami sebagai sumber pengetahuan. terima kasih sudah berkunjung, silakan baca koleksi artikel seputarsejarah.com lainnya. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel