Mengenal dan Memahami Sejarah Pembentukan NATO


Seputarsejarah.com - Mengenal dan Memahami Sejarah Pembentukan NATO. Tepat pada Tanggal 4 April tahun 1949, Pakta Pertahanan Atlantik Utara atau yang lebih populer dengan sebutan NATO, secara resmi dibentuk di Brussel, Belgia.

Ketika itu, sejumlah 12 negara menandatangani piagam pendirian NATO yaitu Perancis, Luxemburg, Belanda, Inggris, Kanada, Denmark, Eslandia, Italia, Norwegia, Portugis, AS, dan tentunya tuan rumah Belgia.

Hasil dari piagam NATO tersebut  adalah kesepakatan dari negara-negara penanda tangan tersebut untuk membentuk pertahanan bersama.

Dengan demikian, segala bentuk serangan yang ditujukan kepada salah satu negara anggota NATO akan dianggap sebagai serangan terhadap negara-negara lainnya. Beberapa tahun setelahnya, giliran Jerman, Yunani, Spanyol, dan Turki ikut bergabung dengan NATO.

Secara mengejutkan, pada saat yang hampir bersamaan dengan bergabungnya 4 negara tersebut, Perancis malah mengambil jarak dengan NATO.

Tepat pada tahun 1960, meskipun masih tercatat sebagai anggota NATO, Perancis mulai menarik pasukannya dari NATO dan mengurangi ketergantungannya di bidang keamanan kepada pakta pertahanan tersebut.

Sebab dari pembentukan NATO yang sebenarnya adalah konsekwensi dari situasi perang dingin pasca Perang Dunia Kedua. Uni Soviet yang berhaluan komunis dianggap oleh negara-negara Barat sebagai ancaman.

Oleh sebab itu, ketika Uni Soviet mengalami keruntuhan awal tahun 90-an, NATO berusaha keras mencari justifikasi atas keberadaan organisasinya. Apalagi sejumlah negara Blok Timur, termasuk Rusia sendiri, pada akhirnya memilih bergabung dengan NATO.

Dengan demikian, NATO semakin kehilangan identitasnya. Yang terlihat pada NATO kemudian adalah dominasi kuat AS atas berbagai kebijakan organisasi. Karena itu, sejumlah negara mulai meminta agar dominasi AS itu dikurangi.

Sumber : kutipan dari berbagai sumber

0 Response to "Mengenal dan Memahami Sejarah Pembentukan NATO"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel