Sejarah Pembubaran Partai Komunis Indonesia

Sejarah Pembubaran Partai Komunis Indonesia

Sejarah Pembubaran Partai Komunis Indonesia-  Rezim Orde Baru berbuntut pada pembubaran Partai Komunis Indonesia (PKI). Keputusan Soeharto untuk membubarkan PKI tersebut dikeluarkan dengan memperhatikan hasil pemeriksaan serta putusan Mahkamah Militer Luar Biasa terhadap tokoh-tokoh PKI yang dituduh terlibat dalam peristiwa G30S.
 
selang sehari setelah 'mendapat' Supersemar, tepatnya pada tanggal 12 Maret 1966. Soeharto resmi membubarkan PKI. Dalam pembubaran PKI Soeharto tidak berdiri sendiri, ia mengatasnamakan Soekarno dalam putusannya tersebut. 

Isi surat keputusan pembubaran tersebut ialah, secara tegas membubarkan PKI termasuk bagian-bagian organisasinya dari tingkat pusat sampai ke daerah beserta semua organisasi yang se-asas, berlindung, dan bernaung di bawahnya. Kemudian, Soeharto menyatakan PKI sebagai organisasi terlarang di seluruh wilayah kekuasaan negara Republik Indonesia. 

Sebenarnya Presiden Soekarno  sempat tidak sepaham dan menolak membubarkan PKI, hal tersebut dikarenakan Soekarno menganggap pembubaran PKI bertentangan dengan ideologi nasionalisme, agama, dan komunisme (NASAKOM) yang dia cetuskan.

Selain membubarkan PKI, Pada tanggal 18 Maret 1966, Soeharto atas nama Soekarno  juga mengeluarkan perintah penahanan sementara terhadap 15 menteri yang setia kepada Soekarno. Menteri yang ditahan itu adalah Oe Cu Tat, Setiadi Reksoprodjo, Sumarjo, Soebandrio, Chairul Saleh, Soerachman, Yusuf Muda Dalam, Armunanto, Sutomo Martiprojo, Astrawinata, Mayjen TNI Achmadi, Moch Achadi, Letkol Inf Imam Syafei, J Tumakaka, dan Mayjen TNI Sumarno.

Sementara itu, menurut  buku biografi Soeharto, penahanan tersebut dilakukan karena ada sejumlah demonstran menuntut perombakan kabinet. Mereka menduga ada beberapa menteri yang terindikasi terlibat peristiwa G30S dan dekat dengan PKI. Mereka juga meminta menteri-menteri tersebut ditangkap dan diserahkan ke Makostrad.

Selang seminggu setelah pembubaran PKI kemudian Soeharto melakukan pembubaran pasukan pengawal Presiden Tjakrabirawa. Mereka dipulangkan ke daerah masing-masing pada 20 Maret 1966. Pemulangan itu dilakukan terhadap empat batalyon dan satuan detasemen atau sekitar 3.000 sampai 4.000 pasukan.

PKI adalah salah satu partai tertua dan terbesar di Indonesia bahkan di Dunia. PKI dibentuk pada tanggal 23 Mei 1929. PKI adalah sebuah partai politik di Indonesia yang telah lama bubar. Sebelum akhirnya PKI dibubarkan pada tahun 1966 dan dinyatakan sebagai partai terlarang, PKI merupakan partai komunis non-penguasa terbesar di dunia setelah Rusia dan Cina.

PKI muncul di panggung politik Indonesia setelah menyerahnya Jepang pada sekutu pada tahun 1945. PKI kemudian berperan aktif mengambil bagian dalam perjuangan kemerdekaan dari Belanda. Pada Februari 1948 PKI dan Partai Sosialis membentuk front bersama yang bernama Front Demokrasi Rakyat. 

Front ini tidak bertahan lama, namun Partai Sosialis kemudian bergabung dengan PKI. Partai ini kemudian terus bertumbuh besar hingga akhirnya dibubarkan pemerintah karena peristiwa Madiun 1947 dan Gerakan 30 September.

Demikian ulasan mengenai Sejarah Pembubaran Partai Komunis Indonesia

0 Response to "Sejarah Pembubaran Partai Komunis Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel