Sejarah Munculnya Ideologi Pan Islamisme



SEPUTARSEJARAH.COM - Sejarah Munculnya Ideologi Pan Islamisme



Pada Abad XIX pengaruh kerajaan kerajaan Islam mulai mengalami kemunduran. Kemunduran tersebut menyebabkan bangsa bangsa menggantikan dominasi kerajaan kerajaan Islam. Oleh karena itu, pada pertengahan abad XX negara-negara Islam berusaha bangkit dan melepaskan diri dari penindasan bangsa bangsa Barat.


Pada periode ini muncul pemikiran pemikiran tentang pembaruan Islam. Salah satu pemikiran pembaruan Islam yang terkenal adalah Pan Islamisme. Pan Islamisme merupakan suatu paham yang bertujuan mempersatukan mempersatukan umat Islam di seluruh dunia. Paham ini dalam Bahasa Arab disebut dengan istilah al Jama’ah al Islamiah.

 Ideologi Pan Islamisme memandang umat Islam sebagai sebuah kesatuan utuh dan universal dari seluruh penjuru dunia. Persatuan umat Islam yang dicita citakan Pan Islamisme mengurangi adanya perbedaan Bahasa, etnik, atau budaya yang terdapat dalam masyarakat Islam di seluruh dunia.
Sebagai sebuah ideologi Pan Islamisme dipahami dengan bermacam macam pengertian.

Pan Islamisme diartikan sebagai alat untuk mempertahankan kepentingan politik dan usaha untuk membangkitkan kembali system kekhalifahan pada masa empat khalifah besar (Khulafaur Rasidin) seperti yang dilakukan Sultan Turki Abdul Hamid II (1876-1909).

Secara historis, pemikiran tentang Pan Islamisme dicetuskan oleh Jamaludin Al-Afghani pada abad XIX. Konsep Pan Islamisme yang digagas oleh Jamaludin Al-Afgani untuk membendung dominasi Barat yang mulai menguasai beberapa kawasan dunia Islam pada abad XIX.

Selain Jamaludin Al-Afghani ada Rasyid Ridho mengganggap bahwa paham nasionalisme bertentangan dengan ajaran persaudaraan seluruh umat Islam. Terakhir, ada Hasan al-Banna. Pan Islamisme Hasan Al-Banna berusaha memerangi kebobrokan moralitas pemerintahan yang diwariskan Muhammad Ali Pasha

Apa arti ideologi Pan Islamisme ?
Pan-Islamisme adalah paham yang bertujuan untuk menyalurkan umat Islam sedunia. Paham ini dari gagasan Jamaluddin Al-Afghani (1839 – 1892). Ide tersebut secara samar-samar pernah dicanangkan oleh At-Tahtawi (1801 – 1873), seorang tokoh pembaharu Islam di Mesir. At-Tahtawi sudah menyebutkan dua ide, yaitu Islam dan patriotisme tidak bertentangan. Dua ide tersebut kemudian menjelma menjadi dua bentuk persaudaraan (ukhuwah wathaniah).

Menurut Setiawan (1990: 82), Pan Islamisme dalam pengertian yang luas adalah kesadaran kesatuan umat Islam yang diikat oleh kesamaan agama yang membentuk solidaritas sedunia. Sedangkan dalam pengertian khusus adalah gerakan mempersatukan umat Islam. Gerakan ini secara samar-samar pernah diutarakan oleh Al-Thah-Thawi dengan memakai istilah persaudaraan seagama, dan kemudian ditegaskan oleh Sayid Jamaluddin Al-Afgani dan Syekh Muhammad Abduh.

Bagaimana penerapan ideologi Pan Islamisme ?
Gerakan Jamaluddin Al-Afghani dengan Pan Islamismenya mempunyai dua tujuan utama,yaitu membangun dunia Islam di bawah satu pemerintahan dan mengusir penjajahan dunia Barat atas dunia Islam (Masyhur Amin, Sejarah Peradaban Islam). Jamaluddin dan Mohammad Abduh memberi dukungan kepada umat Islam untuk mempelajari pengetahuan yang lebih luas sebagaimana telah dilakukan lebih dulu oleh sebagian besar negara Barat.

Dalam kaitan itulah, mereka menyerukan penataan sistem kelembagaan sosial, politik,ekonomi dan pendidikan.umat Islam harus merombak sistem pendidikan, baik metode maupun kurikulumnya.Dan dgn membangun solidaritas umat Islam sedunia (Pan Islamisme) sehingga umat Islam berada dalam pemerintahan yang demokratis. Dengan cara demikian umat Islam akan memperoleh kemerdekaannya kembali dari penjajah Barat.

Apa tujuan digunakannya ideologi Pan Islamisme?
Pan Islamisme awalnya, merupakan paham politik yang lahir pada saat perang dunia II mengikuti paham yang tertulis dalam Al-a’mal Al-Kamilah dari Jamal Al- Din Afghani. Kemudian tujuan dari digunakannya ideologi Pan Islamisme adalah menjadi gerakan memperjuangkan untuk mempersatukan umat Islam di bawah satu negara Islam yang umumnya disebut kekhalifahan.

Disusun oleh Siswi kelas XI IPS Putri, SMA Al-Banna. Dalam tugas mata pelajaran Sejarah Umum.
Tim Penyusun.
Agil Mashfiah
Gading Nabilla
Nabilah Fauziah
Rosbiana Razani

0 Response to "Sejarah Munculnya Ideologi Pan Islamisme"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel