Masuknya Islam di Indonesia Versi Teori Makkah


Seputarsejarah.com - Masuknya Islam di Indonesia memiliki beberapa versi, salah satunya adalah versi teori Makkah. Menurut teori ini, masuknya Islam langsung dari Makkah atau Arab. Proses ini berlangsung pada abad pertama Hijriah atau abad ke 7 Masehi.

Teori ini didukung oleh Hamka, Van Leur, dan T.W. Arnold. Menurut ketiga sejarawan tersebut pada abad ke -13 telah terdapat kekuasaan politik Islam. Dengan demikian, Islam diperkirakan masuk jauh sebelum abad ke - 13 yaitu abad ke - 7.

Read More : Masuknya Islam di Indonesia Versi Teori China

Selain ketiga sejarawan di atas, Teori Makkah atau teori Arab ini juga dikemukakan oleh Crawfurd (1820), Keyzer (1859), Niemann (1861), De Hollender (1861),  dan Veth (1878).

Crawfurd menyatakan bahwa Islam datang dari arab, meskipun iya menyebut adanya hubungan dengan orang-orang Mohameddan di India Timur. Keyzer beranggapan bahwa Islam datang dari Mesir yang bermdzhab Syafii sama seperti yang dianut kaum nuslimin Indonesia pada umumnya.

Sementara itu, Neimann dan de Hollander juga menguatkan teori dari Keyzer. Tetapi dengan menyebut Hadramaut, bukan Mesir, sebagai sumber datangnya Islam, karena muslim Hadarmaut adalah pengikut madzhab Safii seperti juga kaum muslimin di Indonesia.

Sedangkan Veth hanya menyebut orang-orang Arab, tanpa menyebut asal mereka dari Timur Tengah maupun kaitanya dengan Hadarnaut, Mesir atau India.

Sumber : Buku Menguak Kontroversi-Kontroversi Sejarah Dunia

0 Response to "Masuknya Islam di Indonesia Versi Teori Makkah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel