Akibat Perang Dunia I



Akibat Perang Dunia I

Akibat Perang Dunia I - Setiap ada sebab pasti ada akibat, Perang Dunia I mengakibatkan lebih dari 10 juta orang meninggal dan sekitar 20 juta orang terluka sebagai korban kedahsyatan Perang Dunia I. Selain itu, Perang Dunia I berpengaruh besar terhadap kehidupan manusia dalam bidang politik, sosial, dan ekonomi.

Dalam Bidang Politik

Diantara akibat yang ditimbulkan Perang Dunia I dalam bidang politik adalah sebagai berikut:

Munculnya negara-negara baru,seperti Polandia,Cekoslovakia,Kroasia,Yugos-lavia, Hongaria,Irak,Iran,Mesir,Arab Saudi,dan Syria (Suriah).

Munculnya paham-paham baru,seperti fasisme di Italia,naziisme di Jerman, nasionalisme di Turki,militerisme di Jepang,dan komunisme di Rusia.

Dalam Bidang Sosial

Akibat yang di timbulkan Perang Dunia I dalam bidang sosial adalah sebagai berikut:

Perang Dunia I membutuhkan perlengkapan,sehingga mendorong produktivi- tas industri yang semakin besar. Dengan demikian,buruh semakin dibutuhkan, sehingga kedudukan buruh dan wanita semakin penting.

Perang yang berkepanjangan menimbulkan rasa marah,bosan,dan ngeri sehingga munculkan keinginan perdamaian.Maka,dibentuklah League of Nations atau Liga Bangsa-Bangsa pada tahun 1919.

Dalam bidang Ekonomi

Selama Perang Dunia I berkecamuk, perekonomian tidak mendapat perhatian yang layak.Akibatnya,krisis ekonomi yang dahsyat melanda dunia. Hal ini dikenal dengan sebutan Malaise 1929.Adapun penyebab dari krisis ekonomi tersebut adalah sebagai berikut:

Kemiskinan akibat tenaga manusia tercurah untuk keperluan perang,dan faktor-faktor produksi rusak.

Over produksi,akibat perdagangan internasional terhenti oleh proteksi yang dilakukan oleh negara-negara totaliter seperti Jerman,Italia,dan Rusia.

Terhambatnya pemberian kredit. Banyak nasabah yang menarik defositnya karena terjadi inflasi yang sangat tinggi serta banyak perbankan yang menarik kembali simpanannya.

Terjadinya kekacauan pembayaran.Terjadi perbedaan besar dalam nilai mata uang Jerman,Austria,dan Prancis terhadap dolar Amerika. Pada puncak krisis nilai mata uang mencapai 1$= 4000.000.000 Mark Jerman.

Demikian sekiranya penjelasan dan pembahasan singkat yang dapat kami bagikan mengenai  Akibat Perang Dunia I. Semoga artikel ini bisa menjadi sumber pengetahuan yang baru bagi anda dalam sejarah peradaban dunia. (Sumber : catatan perkuliahan)

0 Response to "Akibat Perang Dunia I"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel