Objek Wisata bendungan Palasari Bali Barat

Objek wisata Bali Barat. Bendungan Palasari terletak di Dusun Palasari, Desa Wisata Ekasari, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana. Untuk dapat berkunjung ke objek wisata Bendungan Palasari ini memerlukan waktu kurang lebih 3 jam perjalanan dari kota Denpasar, dan 20 menit dari pelabuhan Gilimanauk. Akses jalan untuk mencapai bendungan ini sudah sangat baik berkat perhatian pemerintah setempat. Selain itu juga pengunjung tidak akan kesulitan untuk  mencapai lokasi bendungan Palasari, karena banyak petunjuk arah yang telah dibuat untuk memudahkan pengunjung yang mengunjungi bendungan Palasari.

Bendungan Palasari mulai dibangun pada tahun 1986. Memerlukan waktu 3,5 tahun untuk menyelesaikan Bendungan ini. Berdasarkan data yang diperoleh bahwa bendungan ini memiliki luas genangan waduk 100 hektar dengan volume air 8.000.000 m3. Bendungan Palasari diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tanggal 23 Juli 1989.     
      
Selain berfungsi sebagai pengendali banjir dan irigasi pertanian, bendungan Palasari dijadikan sebagai tempat wisata yang sangat indah dengan latar belakang hutan lindung yang luas serta berudara sejuk sehingga bisa dimanfaatkan sebagai tempat nongkrong untuk melepaskan penat bisa juga melakukan aktifitas yang lainnya seperti bersampan mengelilingi bendungan, menikmati pemandangan dan memancing. Di Bendungan ini juga terdapat banyak ikan–ikan seperti ikan mujair, ikan nila, gurame, ikan gabus, lele, kaper, udang,  dan masih banyak ikan air tawar lainnya.

Untuk Berkunjung ke Bendungan Palasari, pengunjung tidak dikenakan tiket masuk (Gratis), namun terkadang jika sedang musim liburan pengunjung dikenakan biaya Rp. 1000 untuk kendaraan motor dan Rp. 2000 Untuk kendaraan Mobil. Fasilitas yang bisa dinikmati pengunjung yaitu : tempat parkir yang luas, Wantilan,  dekat dengan tempat ibadah seperti Pure, Mushola, dan Greja Katolik. Desa wisata Ekasari merupakan wilayah yang penduduknya Majemuk dan menjunjung nilai-nilai perbedaan sebagai kebersamaan. Di sekitar bendungan Palasari juga disedikan penginapan bagi para pengunjung yang ingin menginap jika kemalaman sampai di Bendungan Palasari yang bisa digunakan sebagai alternatif sarana untuk menginap.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel